Pada tema lima subtema dua kelas vi sekolah dasar kurikulum 2013 mata pelajaran IPA membahas tentang sifat hantaran panas pada benda. Mata pelajaran matematika membahas tentang volume gabungan bangun ruang. Bahasa Indonesia membahas tentang menyajikan teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah tentang penyebab perubahan dan sifat benda, hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulisan dengan memilih dan memilah kosakata baku.
Untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap materi yang telah dipelajari, pada bagian akhir dilaksanakan evaluasi pembelajaran. Berikut ini soal evaluasi pada tema lima subtema dua kelas vi usaha di sekitarku.
1. Jelaskan makna saling ketergantungan dalam wirausaha untuk pertumbuhan perekonomian bangsa Indonesia.
Dalam wirausaha, terdapat saling ketergantungan antara berbagai pihak untuk menghasilkan barang dan jasa. Sebagai contoh: jika pengrajin memproduksi patung nusantara dalam jumlah banyak, dan produk tersebut dipasarkan ke berbagai wilayah di dalam dan luar negeri, Pengusaha tersebut membutuhan impotir dan pedagang untuk dapat menjual hasil kerajinan. Wirausaha sangat berpengaruh sekali kemajuannya dengan pertumbuhan perekonomian bangsa. apabila wirausaha maju dan berkembang otomatis pertumbuhan perekonomian bangsa pun akan bertambah.
2. Jelaskan pemahamanmu tentang sifat hantaran panas pada benda. Beri contoh dari benda-benda yang terdapat di rumahmu. Lengkapi dengan gambar.
Panas suatu benda tergantung pada suhu benda tersebut. Semakin tinggi suhu benda, maka benda semakin panas. Panas berpindah dari tempat yang bersuhu tinggi ke tempat bersuhu rendah.
Konduktor Panas
- Konduktor panas adalah benda-benda yang dapat menghantarkan panas.
- Bahan yang dapat digunakan untuk penghantar panas adalah logam dan kaca.
- Macam-macam logam antara lain aluminium, besi, baja, perak dan kuningan. Sedangkan kaca yang tahan panas adalah pyrex.
- Aluminium adalah jenis logam penghantar yang paling cocok untuk bahan membuat alat masak seperti penggorengan, panci dst.
Isolator Panas
Isolator panas adalah benda-benda yang tidak dapat menghantarkan panas. Macam-macam isolator yaitu:
- Kayu, dimanfaatkan untuk membuat peralatan dapur misalnya sendok nasi.
- Plastik, dimanfaatkan untuk membuat peralatan dapur misalnya gelas dan piring
- Kain, digunakan untuk bahan alat atau serbet
- Styrofom, digunakan untuk mengemas makan dan minuman hangat.
- Ebonit, digunakan untuk pegangan agar tidak cepat panas, misalnya pegangan ceret dan panci.
- Karet, biasanya dicampur dengan bahan plastik, misalnya pada pegangan seterika.
- Konduksi/hantaran, yaitu perpindahan panas melalui suatu zat tanpa disertai perpindahan zat yang dilaluinya. Contohnya besi yang dipanaskan ujungnya akan menghantarkan panas keseluruh besi
- Konveksi/aliran, yaitu perpindahan panas melalui sutu zat disertai dengan perpindahan zat yang dilalui. Contohnya pergantian mengalirnya angin darat dan angin laut dan air yang direbus.
- Radiasi / pancaran, yaitu perpindahan panas tanpa zat perantara. Contoh : api unggun, matahari.
3. Sebuah bangun ruang gabungan dari balok dan limas segi empat dengan ukuran balok 10 cm x 12 cm x 15 cm. Sisi bagian atas balok berhimpit dengan alas limas.
a. Gambarlah sketsa bangun gabungan tersebut. Lengkapi dengan ukuran sisi yang telah diketahui.b. Jika volume bangun gabungan tersebut adalah 2280 cm³, berapakah tinggi limas?
Volume gabungan = volume balok + volume limas segiempat.
Volume balok = p x l x t = 12 x 10 x 15 = 1.800 cm³
Volume limas = Volume gabungan - volume balok = 2.280³ - 1.800³ = 480 cm³
Luas alas Limas = 12 x 10 = 120 cm²
Volume Limas = | 1 | x Luas alas x Tinggi |
3 |
Tinggi = | 3 x volume |
Luas Alas |
Tinggi = | 3 x 480 | = | 1.440 |
120 | 120 |